Minggu, 21 Agustus 2016

CARA MEMBUAT DESAIN STEMPEL

CARA MEMBUAT STEMPEL DENGAN MENGGUNAKAN CorelDraw


Cara Membuat Stempel dengan menggunakan Corel draw – Coreldraw adalah aplikasi yang cukup tepat untuk membuat berbagai macam desain, tak terkecuali desain – desain sederhana seperti stempel. Untuk kali ini saya akan bahas mengenai contoh desain stempel sederhana 1 warna dengan menggunakan corel draw.


Cara Membuat Stempel dengan menggunakan Corel draw
Contoh Stempel (Asal Bikin)

Cara Mudah untuk membuat stempel dengan corel draw


Desain stempel 1 warna yang saya maksud adalah sebuah stempel yang hanya memiliki / nanti pas jadinya hanya mengeluarkan 1 warna entah itu merah, biru atau warna lainnya namun yang jelas 1 warna. Nah untuk desain yang semacam ini, kalau kita buat desainnya kita tidak harus menyesuaikan dengan warna outputnya, kita cukup desain dengan warna hitam saja, ntar kalau udah jadi tinggal proses finishingnya saja yang menyesuaikan.

Kali ini kita akan membuat contoh stempel bulat, stempel yang biasa kita temui di kalangan masyarakat dan dalam berbagai bidang. Karena stempel bulat jenis ini sangat sering ditemui dan banyak orang yang mungkin belum tahu tentang cara membuatnya.

Pertama bukalah aplikasi corel draw dan buatlah dokumen baru.
Kemudian buatlah sebuah lingkaran dengan menggunakan Ellipse Tool , pada contoh ini saya menggunakan ukuran 45 x 45 mm. Kemudian setelah itu contourlah lingkaran tersebut 1 mm ke dalam. Kemudian anda bisa break contour tersebut sehingga bisa menjadi 2 objek. Setelah itu anda tinggal mengatur tebal tipisnya lingkaran tersebut

cara membuat stempel sederhana

Setelah itu anda bisa membuat lingkaran lagi yang ukurannya lebih kecil lagi. Kalau pada contoh ini saya membuat ukurannya 29x29 mm dan setelah itu taruhlah di center (posisi tengah). Kemudian anda bisa menambahkan dua buah garis (buat dengan pen tool kemudian taruhlah di bagian tengah juga)


Untuk tebal outline saya menggunakan tebalnya 0.4 mm, untuk mengatur tebal outline anda bisa klik objeknya kemudian tekan F12 (ntar akan muncul sendiri pengaturannya)

Setalah itu buatlah sebuah teks yang anda ingin kan nah kurang lebih previewnya seperti dibawah



properties paragraph formatting untuk teks blogger

properties paragraph formatting untuk teks cara master
properties paragraph formatting untuk teks cara master


Pada contoh diatas saya sudah memberikan petunjuk dimana point yang cukup penting untuk anda perhatikan untuk membuat agar bisa sesuai dengan gambar diatas. Untuk membuat bintang anda bisa menggunakan Star Tool, kemudian untuk membuat teks melingkari lingkaran anda bisa menggunakan fix text to path ( melalui menu text). Kemudian untuk mengatur jarak antar karakter teks bisa menggunakan Paragraf Formattting (melalui menu text).

nah kalau anda bisa mengatur semua pengaturannya sesuai dengan apa yang sudah tertera di gambar gambar diatas Insya Alloh anda bisa mempraktekkannya.

VIDEO TUTORIAL CARA MEMBUAT STEMPEL DENGAN CorelDraw

Ps : Dibuat untuk memenuhi Tugas TIK dan Prakarya Kewirausahaan
Sources : http://www.cara-master.com/2016/01/cara-membuat-stempel-dengan-menggunakan.html
               https://www.youtube.com/watch?v=O_uejhRLOrg
Oleh : Aulia Dina Wulandani / 9 / XII MIPA 1 / 2016

1 komentar:

  1. terimakasih atas infonya membantu sekali
    http://opcplus-capsule.xyz/

    BalasHapus

 

Aulia's WRITING Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang