Senin, 25 Mei 2015

SEBAGAI SEORANG YANG MEMILIKI RASA KEPEDULIAN

Assalamualaikum Wr. Wb.

Sebelumnya kita harus tahu apa itu peduli.

Peduli menurut wikipedia
Peduli adalah suatu tindakan yang didasari pada keprihatinan terhadap masalah orang lain. 

Peduli menurut KBBI        :
peduli/pe·du·li/ v mengindahkan; memperhatikan; menghiraukan: mereka asyik memperkaya diri, mereka tidak -- orang lain yg menderita;

memedulikan/me·me·du·li·kan/ v mengindahkan; menghiraukan; memperhatikan; mencampuri (perkara orang dsb): orang tua itu suka ~ orang lain;

kepedulian/ke·pe·du·li·an/ n perihal sangat peduli; sikap mengindahkan (memprihatinkan);~ sosial sikap mengindahkan (memprihatinkan) sesuatu yg terjadi dl masyarakat

Peduli menurut gue :
Rasa perhatian yang tercampur aduk dengan rasa tanggung jawab yang tidak dimiliki oleh sebagian orang banyak "kepedulian".

Peduli memang sebagian besar memiliki sifat yang positif dan maju. Namun sebagian besar rasa kepedulian yang terlalu berlebih kadang membuat orang yang "peduli" (sebutan untuk orang yang melakukan kepedulian) merasa kesusahan dan rasa buruk yang lain. Rasa yang kadang menguras pikiran kita yang selalu terpicu dengan kata tanggung jawab. Rasa yang terkadang membebani pikiran kita jika kita belum bisa belajar ikhlas atau masih dalam proses belajar ikhlas dan bersabar.

Sebagai seorang pelajar, memiliki tingkat kepedulian yang rendah merupakan masalah. Namunm tingkat kepedulian yang tinggi terkadang juga membuat suatu masalah. Contohnya :

Dalam suatu kelompok. Hanya lo yang punya tingkat kepedulian yang tinggi. Anggota lo mungkin tidak mempunyai kepedulian setinggi lo (maksudnya bukan merendahkan tetapi mungkin mereka tidak menunjukkan rasa kepedulian yang mereka miliki di hadapan lo). Sehingga seolah-olah lo yang dianggap sebagai pemimpin atau apalah semacamnya (bukan yang muluk-muluk).
Lo mendapat suatu tugas yang harus dikerjakan satu kelompok. Kadang, cuma lo yang perhatian, lo udah berusaha membagi tugas. Karena yang peduli cuma lo, lo kadang capek sendiri ngurusin masalah "kekurang tanggung-jawaban" pdahal lo pengen yang terbaik atau lo pengen menjadi yang berorientasi yang paling depan. 



Dari contoh di atas, memang rasa kepedulian seharusnya diikuti dengan rasa-rasa lainnya, seperti rasa tanggung jawab, rasa perhatian, rasa dan kemampuan untuk memanage sesuatu dan kemampuan berjiwa pemimpin. Hmm, memang itu semua mungkin lo udah usaha lakukan, tapi tanpa rasa keikhlasan dan sabar rasa peduli itu terkadang bisa merugikan diri lo sendiri.

Hmmm.. ini kurang lebihnya dari gue cuma sekadar apa yang gue tau dari semua pengalaman gue. 
Wassalamualaikum Wr. Wb.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Aulia's WRITING Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang